Cara Menghemat BBM Untuk Mobil dan Motor

Advertisemen
Cara Menghemat BBM Untuk Mobil dan Motor
Menghemat BBM untuk mobil dan motor sangat diperlukan disaat harga minyak dunia terus melambung tinggi. Rakyat Indonesia pun tidak luput dari dampak melambungnya harga minyak dunia dengan rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Meskipun per 1 april ini BBM tidak jadi naik tetapi harga BBM bisa naik sewaktu-waktu apabila harga minyak dunia melebihi 15% harga perhitungan minyak dalam APBN dalam 6 bulan terakhir. Maka solusinya kita harus bersiap dengan cara menghemat BBM untuk mobil dan motor kita.

Untuk menghemat pemakaian BBM pada mobil dan motor menurut wartaotomotif ada beberapa tips yang bisa anda coba, berikut ini tipsnya :

  • Memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum mobil dan motor digunakan untuk berjalan. Pemanasan mobil dan motor tidak perlu terlalu lama kurang lebih sekitar 30 detik – 1 menit sudah cukup agar pembakaran BBM sempurna.
  • Menjaga kecepatan dan putaran mesin selalu stabil pada kecepatan tertentu. Hal ini akan membuat BBM akan selalu stabil keluar pada jumlah tertentu, beda apabila kita menginjak atau menarik gas secara spontan otomatis BBM akan keluar lebih banyak.
  • Lebih banyak menggunakan engine brake daripada menggunakan rem, dengan menggunakan engine brake mobil dan motor cenderung akan berhenti secara perlahan dan tidak mendadak. Kecuali dalam kondisi darurat harus ngerem mendadak.
  • Kurangi kinerja AC karena pada saat AC dihidupkan otomatis akan membebani mesin dan pastinya membutuhkan BBM lebih banyak.
  • Kondisi ban harus ideal tidak boleh kurang angin karena akan membuat laju kendaraan menjadi lebih berat otomatis mesin akan ikut bekerja ekstra keras dan membutuhkan BBM lebih banyak.
  • Servis mesin mobil dan motor anda secara berkala agar mesin bekerja secara sempurna pada tiap-tiap komponennya.
  • Menggunakan alat penghemat BBM yang banyak dijual dipasaran juga bisa dijadikan alternatif yang menurut klaim penjualnya bisa menghemat 10% – 35%.

Itulah beberapa tips dan cara menghemat BBM untuk mobil dan motor semoga bisa membantu dengan membuat mobil dan motor anda menjadi lebih hemat BBM.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
© Copyright 2017 Blogspot Expose - All Rights Reserved - Created ByDiberdayakan oleh Blogger